Jenis-Jenis Logistik dan Gudang Logistik Secara Umum

Logistik merupakan sebuah ilmu pengetahuan atau kajian yang digunakan untuk memperdalam tentang kegiatan penyimpanan, penyaluran, dan pemeliharaan, atau bisa juga dengan penghapusan suatu barang. 

Ada banyak ahli yang mengemukakan pengertian dari logistik itu sendiri. Salah satunya adalah pengertian logistik menurut Bowersox. Dalam pengertiannya, logistik adalah suatu proses pengelolaan strategis yang dilakukan untuk dapat pemindahan atau penyimpanan barang, suku cadang serta barang jadi yang berasal dari para supplier, di antara fasilitas perusahaan serta kepada para langganan itu sendiri.

Ada lagi pendapat yang lebih mendalam  seputar logistik, yakni dari Simamora. Menurutnya, logistik tidak lain dan tidak bukan merupakan proses distribusi fisik, atau logistik ini dianggap melibatkan perencanaan, penerapan dan pengendalian arus fisik bahan bahan baku atau bisa juga barang jadi dari titik asal ke titik konsumen yang bertujuan supaya dapat memenuhi kebutuhan pelanggan pada keuntungan-keuntungan tertentu.

Tujuan pemindahan barang ini dilakukan supaya dapat memenuhi kebutuhan si pelanggan, dan supaya para konsumen bisa menggunakan barang yang dimiliki, dan yang paling utama adalah bahwa  si pemberi bisa mendapat keuntungan tertentu melalui pengiriman kepada para konsumen. Berikut akan dijelaskan jenis-jenis logistik, dan apa-apa saja yang menjadi gudang dalam logistik. 

Jenis-Jenis Logistik

Dalam mempelajari logistik, tentu tidak lepas dari jenis-jenis logistik berdasarkan pelayanan yang diberikan secara umum. Berikut adalah jenis logistik yang dimaksud, beberapa di antaranya adalah:

  1. Air Freight Service

Air freight services adalah layanan pengiriman yang dilakukan melalui udara. Layanan ini dianggap sudah tidak asing bagi para profesi yang sudah bergelut dalam dunia logistik selama bertahun-tahun. 

Jika Anda menggunakan jasa pengiriman layanan melalui air freight service, maka Anda akan mendapat banyak kemudahan. Salah satunya adalah dengan ditawarkannya kecepatan  dan efisiensi waktu, sehingga Anda dimungkinkan untuk mendapatkan barang dalam waktu yang singkat. 

  1. Land Freight Service

Layanan ini merupakan layanan yang sangat wajib dalam perusahan logistik. Land freight service adalah layanan dengan tarif yang terjangkau, dengan adanya tambahan dalam aktivitas layanan bongkar muatan. Ini menjadi sebuah keuntungan, karena layanan yang dilakukan melalui darat ini bisa mengirim barang dengan muatan dan kapasitas yang banyak. Setelah perusahaan tersebut untuk dipertimbangkan adalah Waresix yang dibandingkan di sini.

  1. Sea Freight Service

Layanan ini adalah layanan logistik yang dilakukan melalui jalur laut. Salah satu ciri utama pada layanan ini adalah bahwa sea freight service adalah layanan yang mengutamakan layanan yang cukup banyak, dengan jarak yang jauh. 

  1. Packing and Moving

Tipe jasa logistik selanjutnya adalah jasa pemindahan barang dari rumah, kantor atau gedung tertentu ke bagian lokasi yang dituju. Layanan ini biasanya melakukan pacing, pengiriman, hingga pengantaran di suatu tempat tujuan. 

Biasanya jasa packing dan moving dibantu oleh beberapa pembungkus seperti karton box, styrofoam, packing kayu atau bubble pack yang bertujuan untuk melindungi barang agar tidak pecah maupun rusak. 

  1. Warehousing atau Pergudangan

Layanan ini adalah layanan yang bertujuan agar produk atau barang terjamin kualitasnya. Layanan gudang dianggap sebagai layanan yang baik, karena bisa menjadi tempat penyimpanan logistik atau manajemen logistik. 

  1. Specials Handling Shipment

Berbicara mengenai layanan ini, maka Specials Handling Shipment adalah layanan yang menggunakan penanganan khusus supaya barang tetap segar dan awet, beberapa di antaranya adalah dengan mengirim barang-barang khusus seperti vakasi atau frozen food. 

Biasanya Specials Handling Shipment memiliki cold chain system yang sangat terpercaya dalam memenuhi kebutuhan yang diinginkan. 

Kesimpulannya, ada beberapa jenis logistik yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Ada logistik yang membutuhkan jalur udara, laut, darat, pergudangan hingga adanya layanan khusus yang bertujuan agar barang tetap awet saat berada di tangan konsumen. 

Gudang Logistik 

Aset yang paling berharga dalam melakukan logistik adalah melalui gudang.. Ada berbagai macam gudang yang bisa dibedakan dalam dunia logistik, beberapa di antaranya adalah: 

1. Gudang Penyimpanan Bahan Baku

Gudang ini merupakan gudang yang bergerak di bidang pengolahan barang. Gudang ini juga  memiliki gudang yang bertujuan untuk menyimpan bahan baku. Gudang penyimpanan bahan baku adalah tempat berkumpulnya bahan baku yang sudah didapatkan dari berbagai tempat sebelum akhirnya diolah menjadi produk jadi.

2. Gudang Barang Jadi

Gudang barang jadi dianggap sebagai tempat penyimpanan produk yang telah dibuat pabrik sebelum akhirnya dikirim ke lokasi pemasaran. Selain dianggap sebagai tempat penyimpanan, gudang barang jadi digunakan sebagai tempat untuk menghindari kerusakan pada barang. Lokasi gudang barang ini biasanya berada dekat dengan pabrik atau dekat dengan kawasan distribusi.

3. Gudang Fulfilment

Gudang fulfillment adalah gudang dalam dunia logistik, yang ukurannya sangat besar dan dianggap capable dalam  menyimpan berbagai jenis barang dari produsen yang berbeda-beda. 

Tujuan gudang fulfilment bertujuan supaya dapat memudahkan pengiriman berbagai jenis barang yang dilakukan kepada para pelanggan. Gudang fulfillment ini  banyak dimiliki oleh pusat jual beli online atau bisa juga dari penyedia jasa dropship yang membantu dalam proses pengepakan dan pengiriman menuju lokasi pemesanan barang.

4. Gudang Cross Docking

Gudang jenis ini adalah gudang yang biasanya hanya digunakan untuk tempat loading/memuat barang saja. Gudang ini sederhananya adalah tempat atau  lokasi pemindahan barang dari truk satu menuju truk lainnya. 

Umumnya, penyimpanan dilakukan secara sementara, karena barang biasanya akan segera dikirim pada hari yang sama. Berhubung proses loading barang bisa terjadi kapan saja, maka pada umumnya gudang jenis ini beroperasi di setiap hari selama waktu  24 jam.

5. Gudang Sortir

Gudang ini adalah digunakan untuk menerima kiriman dari berbagai daerah sebelum akhirnya  diteruskan ke lokasi spesifik atau dengan menggunakan  metode tertentu. Proses sortir ribuan barang ini, tentunya tidak cukup dilakukan hanya dalam beberapa jam saja, sehingga pekerja di sana kerap memiliki sistem shift supaya dapat mengirim produk ke konsumen dengan baik.

Kesimpulan

Selain memiliki jenis logistik, logistik memiliki gudang yang bermacam-macam sesuai dengan fungsinya. Ada yang bertujuan untuk melindungi barang jadi, setengah jadi, atau menjadi tempat persinggahan sebelum akhirnya bisa diantar ke konsumen. 

Demikian artikel tentang Jenis-Jenis Logistik dan Gudang Logistik Secara Umum, semoga artikel ini bermanfaat!