Cara terbaik untuk melindungi mobil baru Anda adalah dengan merawatnya. Dengan merawat kendaraan Anda dengan baik, maka Anda bisa selangkah lebih maju untuk memperpanjang umurnya. Selain itu, kalian pun tidak perlu bimbang soal reparasi mobil yang berlebihan, karena dengan merawat mobil, Anda bisa lebih jauh dengan kerusakan kendaraan yang fatal. 

Mobil adalah aset yang sangat mahal, jadi melindunginya dengan benar berarti memastikan mobil tidak mengalami kerusakan dan kemudian mengecek apakah mobil Anda perlu perbaikan. Nah, berikut adalah 10 cara merawat mobil baru yang bisa Anda coba:

1. Cuci Mobil Anda Secara Teratur

Meskipun ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk melindungi mobil baru Anda dari kotoran dan debu, hal yang sama juga berlaku untuk interiornya. Jika Anda seperti kebanyakan orang, Anda mungkin tidak membersihkan mobil sesering yang seharusnya.

Sebuah fakta yang benar adalah bahwa mobil memang tidak perlu benar-benar dibersihkan – kecuali jika Anda memang mengendarainya setiap hari. Anda mungkin menganggap mobil Anda sebagai alat berteknologi tinggi untuk membawa Anda dari poin A ke B tanpa harus berhenti di pom bensin atau toko serba ada lainnya di sepanjang jalan. 

2. Selalu Bersihkan Dari Hujan atau Cairan yang Bisa Merusak Cat

Mungkin itulah sebabnya mobil sangat disukai; karena mereka memungkinkan kita untuk bergerak lebih efisien dengan sedikit usaha. Tapi, kita juga perlu memahami jika mobil tidak selalu sempurna. Mobil Anda mungkin benar-benar bersih, tetapi jika basah kuyup karena hujan atau dicuci entah dari mana, maka kemungkinan akan mulai menyebabkan masalah seperti kebocoran oli, misalnya. 

Tidak masalah seberapa bagus tampilan mobil Anda — jika mulai mengeluarkan suara saat dikendarai, mobil Anda pasti  akan menarik perhatian yang tidak diinginkan.

3. Jauhkan dari Matahari

Melindungi mobil Anda dari sinar matahari adalah tugas yang sangat penting, dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan sebuah cover atau canopy. Dengan mengingat pentingnya melindungi mobil dari sinar matahari yang berlebihan, berikut adalah beberapa aturan sederhana yang harus diikuti saat melindungi mobil baru Anda:

1. Anda tidak boleh membiarkan jendela terbuka atau membiarkan suhu menjadi terlalu panas di dalam mobil Anda.

2. Anda tidak boleh memarkir mobil Anda di bawah sinar matahari langsung, karena ada kemungkinan besar akan merusak atau menggores catnya (yang nantinya akan perlu diganti).

3. Anda tidak boleh menutupi sisi mobil Anda dengan terpal atau bahan lain yang dapat memerangkap panas karena ini memungkinkan lebih banyak panas menumpuk di dalam dan menyebabkan retakan dan goresan pada cat seiring berjalannya waktu.

4. Jika Anda akan berlibur tetapi harus kembali ke rumah untuk bekerja, pastikan Anda mematikan semua lampu saat Anda keluar agar tidak merusak bagian cat mobil baru saat Anda pergi!

4. Perhatikan Tekanan Ban

Langkah selanjutnya dalam cara melindungi mobil baru adalah selalu mengecek tekanan ban. Dalam posting ini, kami akan berasumsi jika Anda sudah mengetahui tentang pentingnya tekanan ban yang tepat. Pada dasarnya, jika Anda memiliki mobil baru, Anda perlu memeriksa tekanan ban secara teratur dan memastikan tekanannya berada pada level yang benar.

Selain itu, Anda perlu memeriksa dan menjaga asupan udara di dalam mobil Anda. Jika Anda tidak melakukannya, udara akan masuk ke mesin Anda dan menimbulkan masalah yang cukup berat. Selain itu, filter udara di mobil Anda perlu diganti setiap dua bulan atau lebih. Jika Anda tidak melakukan hal-hal tersebut secara teratur, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada mobil Anda.

5. Gunakan Jenis Bahan Bakar yang Tepat

Jika Anda akan mengeluarkan mobil di tengah malam dan tidak ada bahan bakar di dalam tangki, Anda perlu memastikan bahwa Anda telah memilih jenis bahan bakar yang tepat. Ini sangat penting jika Anda baru saja mendapatkan mobil baru, karena ada beberapa tipe bahan bakar tertentu yang akan berfungsi untuk kendaraan dengan mesin diesel, dan juga ada beberapa tipe yang pas untuk tipe mesin selain diesel.

Perbedaan antara berbagai jenis bahan bakar sebenarnya cukup tipis, dan sebenarnya cukup mudah bagi Anda untuk menemukan mana jenis yang terbaik untuk kendaraan Anda. Tetapi Anda harus sangat menyadari bahwa beberapa bahan bakar tidak akan mempertahankan kemampuannya untuk melumasi mobil Anda dari waktu ke waktu jika Anda tidak menggunakannya jenis bahan bakar yang cocok. 

6. Jangan Mengemudi Melebihi Batas Kecepatan

Sementara frasa “jangan mengemudi melebihi batas kecepatan” identik dengan mengemudi dengan kecepatan tinggi, itu juga dapat merujuk pada cara mengemudi Anda yang sebenarnya dapat menyebabkan kerusakan pada kendaraan.

Dengan kata lain, ada kasus di mana Anda harus mengemudi dengan kecepatan lebih tinggi dari biasanya untuk membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh panas yang berlebihan. Khususnya, ketika suhu luar meningkat dan suhu interior menurun pada tingkat yang dipercepat. Karena itulah, penting bagi Anda untuk berhati-hati saat mengendarai mobil baru.

7. Cari Jalan yang Aman

Saat anda mengendarai mobil, terutama mobil yang baru, pastikan untuk memilih jalan yang cocok untuk mobil Anda. Apabila mobil yang Anda miliki tidak cocok untuk dipakai offroad, jangan paksakan untuk melintasinya. Hal ini penting untuk menjaga kondisi mobil kedepannya.

8. Dapatkan Pemeriksaan Rem yang Tepat

Salah satu aspek terpenting dari sebuah mobil baru (selain harganya) adalah adanya keharusan untuk merawatnya dengan baik. Sebelum Anda membeli, pastikan Anda memiliki alat yang tepat untuk pekerjaan itu. Berikut adalah beberapa tindakan dasar yang harus Anda lakukan:

• Anda perlu memeriksa dan merawat rem Anda saat melajukan mobil Anda di jalanan. Meskipun masih kendaraan baru, terkadang ada satu atau dua masalah ringan yang bisa Anda temui. Anda harus memeriksa kondisi mobil paling tidak sebulan sekali, dan melumasi rotor jika diperlukan. 

• Dudukan dongkrak adalah bagian penting dari servis mobil Anda. Alat-alat ini dapat dengan mudah dipasang dan dikeluarkan dari wadah semudah memasangnya.

• Dudukan dongkrak dilengkapi dengan 4 baut di setiap sudut dan dua di kedua ujungnya (total 4); yang berarti bahwa jika Anda perlu mengganti baut dongkrak di satu sisi atau lainnya, Anda selalu dapat menggunakan yang lain dari set yang sama!

9. Jangan Biarkan Hewan Peliharaan di Dalam Mobil

Meskipun suatu kondisi memaksa kita untuk membawa hewan peliharaan ke dalam mobil, jangan lakukan hal ini terlalu sering. Disamping tidak aman untuk kesehatan hewan, interior mobil Anda juga akan beresiko untuk tercakar dan ternodai oleh kotoran hewan peliharaan Anda. 

10. Lakukan Perawatan yang Sama Untuk Mobil Bekas

Jangan biarkan mobil baru Anda terlihat seperti telah ditinggalkan di bawah sinar matahari selama berminggu-minggu. Lindungi mobil baru Anda dengan tips mudah untuk perawatan mobil.

Sebagian besar informasi di artikel ini terdiri dari saran tentang melindungi mobil baru, tetapi penting untuk diingat bahwa prinsip yang sama juga berlaku untuk mobil bekas. Anda dapat melindungi mobil bekas sama seperti Anda dapat melindungi mobil baru, dan pada kenyataannya, banyak orang melakukannya.

Jadi, meskipun Anda membeli mobil bekas sekalipun, jangan lupakan tentang perawatan rutinnya.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.