Ada beberapa orang yang ngeri mendengar kata “Asuransi”, mengingat besarnya biaya yang harus mereka bayar nantinya. Padahal, dengan membayar biaya asuransi, baik itu asuransi kesehatan maupun kendaraan, pengguna bisa mendapatkan perlindungan yang ekstra dikala hal yang tak diinginkan terjadi.

Bagi Anda yang sedang ingin menggali informasi soal asuransi kendaraan, berikut adalah penjelasan lengkap tentang asuransi mobil di Indonesia.

1. Tentang Asuransi Mobil di Indonesia

Di bawah ini adalah pembahasan singkat tentang topik asuransi mobil di indonesia. Kami akan mencoba menjelaskan sejelas mungkin untuk mengurangi kekhawatiran dan kegelisahan Anda.

Asuransi Mobil di Indonesia sebenarnya bukanlah hal yang buruk Kami tidak membeli asuransi dari perusahaan penyedia asuransi, melainkan kami membelinya dari jasa broker atau agen asuransi. Mereka diatur oleh pemerintah dan mereka mengawasi hal-hal penting terutama soal pencegahan penipuan (yang memastikan agar kita tidak tertipu!).

Hasilnya, pengalaman kami dengan asuransi mobil di Indonesia sejauh ini cukup positif.

Kami telah membayar asuransi mobil di Indonesia beberapa kali dan semua manfaat yang kami terima sejauh ini baik-baik saja. 

Satu-satunya masalah kami (selain pembayaran di muka) adalah bahwa tarif umumnya lebih tinggi daripada yang dikenakan di negara-negara maju, seperti Amerika Serikat misalnya. Alasan mengapa hal ini bisa terjadi adalah karena kita mengendarai kendaraan yang lebih berat di sini daripada di negara-negara lain. Selain itu, karena minat masyarakat untuk mengasuransikan mobil mereka semakin tinggi, harga asuransi pun ikut naik seiring dengan meningkatnya permintaan (demand).

2. Apa Saja Manfaat Asuransi Mobil di Indonesia

Asuransi mobil adalah bagian penting dari perencanaan keuangan setiap pemilik kendaraan. Polis asuransi sama pentingnya dengan mobil itu sendiri, jadi penting untuk selalu berpikir  tentang biaya yang terkait dengan membeli dan mengasuransikan kendaraan Anda.

Anda biasanya akan menemukan bahwa polis asuransi Anda (yang ditulis oleh perusahaan asuransi Anda) akan mencakup pertanggungan atas kerusakan mobil, pencurian dan kerusakan yang disebabkan oleh pihak lain (perusahaan asuransi). Cakupan ini merupakan tambahan dari apa yang mungkin disediakan oleh pabrikan atau dealer dari mobil itu sendiri.

Agen lokal Anda akan dapat menjelaskan berbagai jenis polis dari berbagai perusahaan asuransi dan persyaratan cakupannya. Tidak perlu membeli semua jenis polis ini, tetapi langkah lebih baik yang bisa Anda ambil adalah bekerja dengan agen yang dapat memberi Anda cakupan pertanggungan yang lebih komprehensif daripada yang Anda dapatkan melalui perusahaan asuransi Anda.

Dalam hal premi, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mendapatkan penawaran dari beberapa agen sehingga Anda dapat membandingkannya satu sama lain dan menentukan mana yang lebih terjangkau. 

Penting juga untuk dicatat bahwa ada beberapa perusahaan yang berani memberikan layanan pelanggan  melalui diskon hingga 10%! Namun, ketika membandingkan harganya, jangan lupa bahwa ada perbedaan dalam berapa banyak faktor yang dicakup oleh setiap polis, seberapa sering membayar klaim, dll.

3. Mempertimbangkan Biaya Asuransi Mobil di Indonesia

Anda bisa mendapatkan penawaran secara online, tetapi di luaran sana ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih produk asuransi apa yang harus Anda beli. Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

  1. Biaya asuransi (selain nominal pokok yang harus dibayar)
  2. Biaya perbaikan
  3. Biaya perjalanan,
  4. dan biaya lainnya

Biaya asuransi bervariasi tergantung pada jenis mobil yang Anda miliki dan apakah Anda akan menggunakan transportasi umum. Jika Anda memiliki mobil pinjaman, pastikan Anda memeriksa apakah itu tercakup dalam polis Anda sebelum membelinya. 

Jika tidak, pastikan Anda mengetahui nilai mobil Anda sebelumnya dan apakah itu tercakup dalam polis Anda. Beberapa polis memiliki kelebihan pertanggungan tanggung jawab pribadi (atau EPL) yang berarti jika anak-anak Anda menyebabkan kerusakan pada mobil Anda, mereka harus membayar sendiri biayanya atau orang tua mereka harus membayarnya jika mereka tidak membayar tepat waktu.

Berikut beberapa hal lain yang perlu dipertimbangkan ketika memilih jenis asuransi yang akan dibeli:

• Apa yang terjadi dengan kendaraan saya? Apakah saya perlu membawanya ke toko atau memperbaiki sendiri? Jenis mobil bervariasi dan beberapa bisa sangat mahal, jadi pilihlah dengan bijak!

• Apakah mobil saya perlu diperbaiki? Apa yang akan terjadi jika saya mengalami kecelakaan saat mengendarai mobil baru saya yang masih kinclong? Hal yang sama berlaku untuk sepeda motor dan skuter; periksa dulu faktor ini.

• Seberapa sering saya berencana menggunakan kendaraan saya? Banyaknya akan tergantung pada jumlah kilometer yang ditempuh per bulan; hal ini harus diperiksa sebelum membeli kendaraan baru! 

Mobil yang dibeli untuk penggunaan pribadi biasanya hanya digunakan untuk perjalanan sesekali, sedangkan mobil yang dibeli untuk tujuan bisnis biasanya digunakan setiap hari. Pastikan keduanya tercakup dalam asuransi Anda.

Terakhir, ingatlah bahwa mengasuransikan kendaraan bukan hanya tentang membeli polis atau perlindungannya saja. Karena mobil sering dianggap sebagai aset di Indonesia, beberapa perusahaan asuransi juga bersedia untuk memberikan polis yang mencakup semua jenis mobil termasuk yang dibeli sebagai investasi maupun yang dibeli secara grosir. 

Penting bagi perusahaan untuk memahami peraturan keuangan yang ketat di Indonesia sehingga mereka tidak dapat menolak klaim atau menjatuhkan hukuman kepada individu yang tidak mampu membayar polis mereka. 

Juga ingat bahwa banyak orang di Indonesia mengendarai kendaraan yang lebih kecil daripada yang dianggap praktis di Eropa atau Amerika, bisa jadi mungkin karena mereka tidak mampu membeli mobil yang lebih besar dengan cakupan asuransi penuh. Jadi pilihlah dengan bijak ketika membandingkan produk asuransi yang berbeda.

4. Apa Saja Jenis Asuransi Mobil di Indonesia

Asuransi adalah sesuatu yang Anda butuhkan untuk mobil apa pun, tetapi terutama untuk mobil yang baru. Jika Anda ingin membeli mobil di Indonesia, Anda perlu mengetahui jenis asuransi apa yang harus Anda pilih (dan juga berapa biayanya). Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis asuransi mobil yang bisa Anda pilih, seperti:

Asuransi Standar

Jenis asuransi mobil termurah adalah asuransi standar (secara resmi dikenal sebagai SLCP) yang biasanya menawarkan pertanggungan untuk kerusakan yang disebabkan oleh kegagalan mekanis (seperti kerusakan mesin). 

Anda bisa mendapatkan asuransi jenis ini dengan harga sekitar Rp 25.000-30.000/bulan. Jenis asuransi ini sering dibicarakan di kalangan bisnis sebagai produk yang “berbasis nilai” karena lebih murah daripada pertanggungan komprehensif (yang harganya lebih mahal). 

Asuransi Komprehensif

Jenis asuransi mobil yang kedua adalah komprehensif (juga dikenal sebagai CLP) yang biasanya melindungi kendaraan Anda dari pencurian dan kerusakan yang disebabkan oleh orang lain seperti pejalan kaki atau hewan liar. Anda bisa mendapatkan asuransi komprehensif dengan biaya sekitar Rp 60-70.000/bulan tergantung di mana Anda tinggal. Jenis asuransi ini mungkin akan lebih mahal daripada SLCP karena memiliki potensi risiko yang lebih besar.

Asuransi Perlindungan Ekstra

Di tempat ketiga adalah kebijakan perlindungan tabrakan yang biasanya mencakup bantuan pinggir jalan dan layanan non-tabrakan lainnya seperti mengganti roda atau rem setelah terjadi kecelakaan.

Polis ini biasanya berharga sekitar Rp 50-60K/bulan dan polis ini memiliki beberapa jaminan resiko yang bisa membantu Anda dalam memberikan perlindungan ekstra untuk kendaraan Anda.

5. Menentukan Produk Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia

Memang benar bahwa asuransi mobil di Indonesia biasanya cukup murah, namun dalam jangka panjang bisa menjadi sangat mahal. Artikel ini akan membantu Anda dalam memahami perbedaan antara perusahaan asuransi yang baik dan yang buruk dan apa yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan harga terbaik.

Setelah membaca artikel ini, diharapkan Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang berbagai jenis perusahaan asuransi mobil di Indonesia dan bagaimana memilih sebuah produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara terbaik untuk memahami pilihan Anda adalah dengan membaca preferensi mobil yang sudah Anda ketahui saat ini. Anda harus mengetahui apakah Anda dilindungi untuk kecelakaan tertentu atau tidak, jika Anda dilindungi untuk kecelakaan yang disebabkan oleh orang lain (seperti ketika orang lain mengemudikan mobil Anda), dan apa batasan tanggungan Anda. 

Anda juga harus tahu apakah ada jumlah yang dapat dikurangkan atau dilebihkan sebelum memilih perusahaan asuransi. Meskipun ada beberapa perbedaan di antara perusahaan, Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang produk-produk asuransi mereka dengan melihat situs web masing-masing perusahaan. 

Anda pun juga bisa membandingkan informasi atau pembahasan dari semua pesaing mereka (tetapi ingat: mereka semua memiliki keunggulannya sendiri), atau mendapatkan informasi yang lebih independen dari berbagai sumber (termasuk teman yang memiliki pengalaman buruk dengan perusahaan tertentu).

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.